Struggles Kuliah di Universitas Negeri Medan

Aku gak tau mau cerita dari mana kalo tentang perjuangan aku di bangku kuliah. Karena ada satu orang yang setia banget nungguin cerita perjuangan aku, yang yakinin aku untuk pede nulis ini. Padahal dalam diri aku sendiri tuh masih belum pantas dengan perjuangan aku yang belum seberapa, belum ada apa-apanya dibanding yang lain. Tapi karena dia aku nulis ini. 

Aku mulai dari kisah pertemanan yaa. Di kampus yang benar-benar cuman kawan, besti atau apapun itu, cuman ada Ela everywhere dan everytime selama di kelas dan organisasi wkwk. Kami juga satu organisasi IsIam. Dari situ dekatnya, dia tuh orangnya kocak abis, ceplas-ceplos, pemberani dan baik banget pokoknya. Dulu ngira ela tuh kek sombong gitu di chat, tapi karena satu nasib pengen banget kuliah kami jadi bestiean guys sampai sekarang. 

Semester 1 aku stress parah, down, insecure lihat kawan-kawan kelas yang lancar banget speakingnya. Tapi di semester 3 udah lumayan bisa nge handle diri sendiri. Nah aku sempat ga yakin bakal lanjut kuliah terus karena uang kuliah yang cukup mahal bagi aku. Aku gak mau nyusahin bapak sama abang aku. Masuk kuliah ini juga aku rela jual laptop ku yang dibeliin waktu SMA, karena masa-masa itu keuangan orang rumah lagi gak stabil. Jadi kurang yakin orang tua bisa lanjut bayar uang kuliah, si abang juga kasihan uangnya habis nanti untuk bayar kuliah ku. 

Dari situ aku beraniin diri ikut lomba sana sini tapi gk ada yang menang. Senior-senior di Group whatsapp organisasi rajin-rajin banget ngeshare informasi like lomba dan beasiswa gitu. Nah itu aku juga nyoba banyak beasiswa. 

Pertama mau nyoba Genbi tapi untuk Fakultas Bahasa dan seni gak bisa katanya untuk Unimed, kedua aku nyoba KSE. Rela datang pagi-pagi untuk ngurus berkas di gedung Biro terus di oper ke fakultas eh malah dipersulit dengan banyak pertanyaan-pertanyaan "kamu tau dari siapa ada beasiswa ini, dll" jujur kecewa mau nangis aja bawaannya. Nyerah deh disitu. Setelah itu aku nyoba beasiswa Smart Scholarship dari YBM, alhamdulillah syarat administrasinya gak susah, jadi langganan deh minta surat-surat dari Biro-fakultas-desa. Gapapa deh capek yang penting usaha dulu. Aku masuk ke tahap interview guys, nah aku di antar sama Bapak untuk interview beasiswanya di MAN 2 Model Medan. Aku gak suka sesi interviewnya, karena interviewernya nanyain finansial orang rumah. Gak kuat aku jelasinnya, jadi nangis pas interview. Emang cengeng aku sih. Makanya gak suka bahas itu. Setelah itu besoknya pengumuman dan gak lulus, aku juga udah tau sih kalau beasiswa ini bakal gak lulus. Cuman bisa ikhlas. 

Sehabis itu, aku tetap ikut lomba-lomba, ya walaupun tau gak bakal menang tapi setidaknya pernah mencoba yakan. Allah tuh baik banget ya, di saat posisi itu lewat ketua umum komisariat organisasi ku ngeshare informasi Pertukaran Mahasiswa Kampus Merdeka. Aku sama Ela nyoba daftar karena benefitnya lumayan banyak, salah satunya dibayari uang kuliah 1 semester. Mayaaan kan, jadi daftar deh sama Ela, ngurus berkas lagi balik lagi ke biro, fakultas, desa, rumah sakit. Alhamdulillah kami keterima, Ela di Untag Surabaya aku di Unsrat Manado walaupun masih pertukaran online tapi gapapa. Yang penting duitnya bisa bantu uang kuliah ku. 

Nah ada masa sulitnya lagi menurut aku, paling nyesek tapi aku takjub aku bisa sekuat itu. Nah dimana ada seminggu aku, mamak, bapak, sama bg ari kuat banget. Gak ada uang sama sekali, cuman bisa untuk makan sama uang minyak kerja abangku. Bahkan beli kuota untuk kuliah ngezoom aja gak ada. Kereta abang bannya juga bocor. Aku kasihan sama abang, karena aku dia jadi susah. Karena gak ada sama sekali uang. Aku di antar abang ke kampus tiap pagi terus dijemput abang jam 6 sore, karena abang pulang kerja jam 5 sore lewat. Di kampus numpang Wi-Fi, datang jam 7 pagi, kampus masih sepi banget karena masih covid, terus ibu-ibu cleaning service sering liatin aku, mungkin bingung yakan kenapa aku pagi-pagi udah di kampus. Tapi biarin aja deh. 

Selama seminggu aku cuman bawak bekal nasi sama minum, gak ada bawa uang sama sekali dan selama seminggu abang rela gak nempel bannya karena gajiannya beberapa hari lagi. Jadi kami nunggu abang gajian. Itulah kenapa aku sayang banget sama abang. Dia juga ngejaga aku dari SMP-sekarang gak pernah nolak kalo aku minta di antar kesana kemari. 

Perjalanannya belum berhenti sampai situ, suatu hari aku iseng-iseng scrolling di Instagram, YBM BRILiaN buka beasiswa lagi yang unggulan dari pada yang SMART  Scholarship tadi, yang ini namanya Bright Scholarship. Beasiswa YBM paling premium hehe. Aku coba daftar, tapi aku submit di ujung-ujung penutupan jamnya. Aku rela 2 hari datang ke rumah ade minjam Laptopnya untuk nulis Essay, dan repotin abang ku lagi untuk ke foto copy jam 11 malam beli materai buru-buru banget tapi akhirnya bisa ke submit jam 12 malam kurang hehe. Lulus di administrasi dan masuk ke tahap interview, aku udah nyiapin bahan apa aja yang mau ku bilang kalau ditanya, dan aku janji sama diri aku gak boleh nangis lagi. Ibu yang interview aku baik banget, gak nyerca pertanyaan dan gak menyudutkan. Lumayan lama di interview, pas pulang beliau bilang "Saya do'ain kamu lulus ya", " Aamiin bu, makasih banyak ya Buu" 

Jarak 2-3 hari dari tes interview, tiba-tiba aku masuk ke group whatsapp beasiswa yang isinya pengurus dan 11 penerima beasiswa lainnya. Ternyata kami yang masuk ke group itu yang lulus, dan sorenya langsung ngezoom bareng pengurus dan orang tua penerima beasiswa. Cuman ditanya izin asrama dan berangkat ke Lampung untuk Sarasehan Se Sumatera. Kami dikasih 2 hari untuk tes swab antigen atau PCR. Untungnya aku masih ada simpanan sejuta dari Uang saku Pertukaran Mahasiswa. Aku PCR, beli tas karena gak punya tas ransel, beli sepatu karena gak punya juga hehe. Jadi habis deh uang disitu. 

Oiya, aku daftar beasiswa ini bareng Erika, sedih karena dia ga lanjut masuk tahap interview karena keperluan mendesak. Nah setelah tes swab dan packing udah selesai, kami yang keterima beasiswa Bright Scholarship cuman 12 orang dari Sumatera Utara. Emang kuotanya segitu untuk Sumatera Utara, cukup ketat penyeleksiannya. Kami berangkat ke Lampung jam 8 atau jam 9 gitu. The first time aku naik pesawat hehe, lucunya kawan-kawanku pada ketakutan pegangan tangan hehe, aku biasa aja gak tau kenapa kayak nikmati view dari jendela pesawat aja. Kak Nur sama Nia megang tanganku kuat banget. 

Sampai di Lampung, besoknya acara Sarasehan. Meriah dan kagum sama acaranya. Makan, biaya penerbangan semua ditanggung YBM BRILiaN. 
(Jalan-jalan gratis dari Bright Scholarship) 

4 hari acara Sarasehan Nasional, kami pulang hari Senin dan jalan-jalan keliling monas selagi nunggu keberangkatan pulang sore. Kami transit dari Lampung-Jakarta naik kapal, nah pas malam di kapal aku dapat kabar dari Pertukaran Mahasiswa Unsrat Manado bahwasanya hari Kamis kami Flight Ke Manado. Capek banget baru pulang dah harus berangkat lagi, packing lagi. 
(Modul Nusantara-PMM Unsrat Manado) 

So itu perjalanan sedih dan serunya. Makasih banyak buat kalian yang selalu ada untuk aku terkhusus kalian (Ade, Isna, Lia, Amel, Ela dan Erika). Sayang banget aku tuh sama kalian. 

Semoga ini bermanfaat dan menginspirasi kalian. Luvvv❤

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Yang Sama Versi Yang Beda

Struggles di SMAN 1 Percut Sei Tuan